Wisata Kuliner Khas Jawa Tengah Yang Wajib Anda Coba

Di setiap daerah manapun pasti memiliki ciri khas tersendiri, tidak terkecuali pada makanan. Kalo anda atau pun saya pasti kurang afdol atau kurang lengkap jika berkunjung ke suatu daerah kalau tidak mencicipi makanan khas yang dimiliki oleh daerah tersebut. Apa kata dunia kalau berkunjung ke suatu tempat atau daerah kalau tidak mencoba makanan khasnya? Apalagi tempat yang anda kunjungi sangat jauh, kan pasti rugi sekali. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan anda sebuah wawasan tentang makanan khas dari Jawa Tengah yang wajib anda coba dan ini semua rekomendasi dari saya dan opini saya sendiri. Jawa Tengah itu sangat luas sekali jadi makanan khasnya sangat banyak sekali.

1. Lumpia Semarang (Semarang)

Kalau makanan yang satu ini anda pasti tidak asing lagi dengan yang ini atau bahkan menjadi favorit anda. Lumpia adalah sebuah makanan yang berbahan kulit pangsit kemudian di isian seperti ayam, rebung, telur, sayuran, udang, atau yang hits di anak jaman sekarang yaitu isi keju, kemudian di goreng hingga renyah. Lumpia lebih enak kalau disantap saat masih hangat dan pasangan lumpia yaitu seperti daun bawang, cabe, dan saus. Jadi tidak ada salahnya kalau berkunjung ke Semarang tidak mencoba lumpianya yang khas.

2. Telur Asin (Brebes)

Makanan yang satu ini terbuat dari telur bebek yang terkenal dari Brebes, Jawa Tengah. Proses pembuatan telur asin ini bisa memakan waktu 1 – 2 muinggu. Memang proses pembuatannya sangat lama, karena supaya rasa asinnya meresap hingga ke dalamnya. Biasanya telur asin ini dimakan dengan nasi yang masih hangat, soto, rawon, atau masakan lain, namun biasanya rata – rata seperti itu. Tapi ada juga yang langsung dimakan tanpa nasi.

3. Tempe Mendoan (Banyumas dan Purwokerto)

Tempe mendoan ini bentuknya hampir sama seperti tempe pada umumnya. Namun tempe ini diselimuti dengan tepung dan bentuk tempe ini sangat tipis sekali. Bedanya selain bentuknya, nama mendoan memiliki arti tersendiri. Arti dari nama mendoan adalah memasak menggunakan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga tempenya tidak terlalu matang.

Sekarang tempe mendoan tidak hanya ada di Banyumas sama Purwokerto saja. Namun di hampir Jawa Tengah atau bahkan seluruh Indonesia ada makanan satu ini. Bahkan sebagian angkringan yang menjual gorengan pasti menjual tempe mendoan. Sampai – sampai tempe yang di goreng dengan tepung sampai garing disebut juga dengan mendoan.

4. Soto Kudus

Bedanya dengan soto pada umumnya adalah penyajiannya yang menggunakan mangkuk kecil. Selain menggunakan mangkuk yang kecil, Soto Kudus juga ada dua versi, ada yang menggunakan daging sapi atau kerbau dan daging ayam.

Bagaimana rasanya soto pakai daging kerbau? Kalau ingin tau rasanya, anda bisa datang ke Kota Kudus, Jawa Tengah.

5. Jenang Kudus

Anda kalau berkunjung ke Jawa Tengah, pasti membeli makanan yang satu ini untuk buah tangan. Jenang kudus ini biasanya dijual dalam bentuk potongan yang memanjang dan dibungkus dengan plastik. Anda bisa membeli dalam bentuk kotak atau kilo an.

Rasa dari jenang ini adalah manis dan teksturnya yang sangat legit. Kelezatan dari jenang ini sudah menjadi favorit masyarakat Indonesia. Bahkan jenang ini sudah mencapai pasar Internasional seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Arab Saudi, dan Hongkong.

6. Dawet Ireng

Setelah membahas makanan dan kenyang, pasti anda kehausan, anda bisa coba minuman khas dari Purworejo yaitu Dawet Ireng. Dawet pada umumnya berwarna hijau, namun beda dengan yang ini. Dawet ini berwarna hitam atau dalam bahasa jawanya ireng.

Warna hitam yang ada di dawet ini diperoleh dari abu jerami dalam pembuatannya.

Updated: January 11, 2017 — 7:08 am
Robert Lunday Blog © 2016 Frontier Theme