Wisata Sumber Air Jenon

 

Salah satu sumber mata air di malang dari sekian banyak sumber yang ada di malang raya .

Sebut saja sumber jenon,sumber jenon ini berada pada desa gunungronggo, kecamatan tajinan ,kabupaten malang.air pada sumber mata air ini terlihat jernih dan segar dengan pemandangan desanya yang elok dan keindahan airnya yang bewarna hijau kebirubiran.

Bentuk dari sumber air jenon sendiri menyerupai kolam pada umumnya namun agak berbeda dalam hal bentuk, bentuk kolam pada sumber air ini oval dengan diameter yang cukup besar. kolam pada sumber jenon sendiri juga  dipagarai dengan pondasi batako untuk menunjang keselamatan pengunjung, kedalaman dari sumber ini kurang kebih 4 meter’an. Di dalam kolam terdapat akar pohon jenu yang menjulang ke bawah dari arah barat ke timur kolam.tak jauh dari sumber jenon, juga terdapat pohon beringin yang tumbang pada tahun 1971. Selain daya tarik pengunjung tertarik pada kesegaran air pada sumber mata air jenon, pengunjung  juga terpikat pada keindahan  ikan sangkuriang yang berusia ratusan tahun. Ikan hitam polos ini kurang lebih berjumlah sekitar 37 ekor dengan panjang sekitar 50centimeter(cm) dan 170centimeter(cm) untuk induk ikan sangkuriang ini “yang unik pada ikan ini yaitu: jumlah ikan disini tak pernah bertambah maupun berkurang walaupun sering ditangkapi warga sekitaran gunung  ronggo” .

Sejarah Sumber Air Jenon

Sejarah sumber air jenon sendiri terjadi pada tahun 1818, rantung wirograti yang merupakan kerajaan mataram. Bersama istri beliau yang bernama irogat, rantung wirogarti dikabarkan mengungsi ke daerah ini. Pasca peperangan, tujuan dari rantung worograti sendiri untuk menyelamatkan diri. Keduannya kemudian bertahan hidup di desa gunung ronggo ini dengan bercocok tanam dengan hasil yang melimpah. Saat musim  kemarau tiba hasil bercocok tanamnya kekurangan air sehingga sangat sulit rantung wirograti mendapatkan hasil yang sesuai yang diharapkan.kemudian rantung pamit pada sang istri untuk mencari pengairan untuk  mengairi sawahnya. Kemudian, bertapalah wirograti di bawah pohon kuno jenu yang berada pada atas gunung harimau. Dalam pertapaan itu , kemudian angin bertiup  kencang. Yang menyebabkan akar pohon jenu meleduk ke bawah tanah dan keluarlah air pada sela sela akar pohon jenu tersebut.dari situlah asal usul nama sumber air jenon sendiri.

Selain di sumber jenon, di sekitaran sumber tersebut juga terdapat banyak wisata alam maupun bukan yang masih terjaga keperawanannya.

Wisata Alternatif Di Sekitaran Sumber Air Jenon

Dari sekian banyak wisata yang ada di malang raya kita akan meluncur ke arah malang timur yang masih belum banyak tau tentang keindahan wisatanya. Yang tentunya tidak kalah dengan wilayah malang lainnya yang sebagian besar pada malang selatan yang banyak terexplore pantai-pantai  yang menawan.

Candi kidal

Dari sekian banyak candi di jawatimur 6 diantaranya ada di malang salah satunya candi kidal. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan singhasari(singosari). Yang merupakan persemayanan raja anusopati, letak dari candi kidal sendiri terdapat pada desa kidal rejo , kecamatan tumpang, kabupaten malang. Yang berjarak 1,5km dari sumber mata air jenon wisata ini dapat menjadi wisata edukasi sejarah maupun untuk hunting bagi anak- anak yang kekinian.

Setelah kita berwisata sejarah kita akan menuju pada wisata alam  yang berada pada desa gubungklakah, kecamatan poncokusumo .

Ndayung rafting

Ndayung rafting merupakan wisata alam dengan  kegiatan arumjeram yang tentunya menguji adrenalin dengan  menyusuri sungai ngamprong yang terdapat pada kaki gunung semeru dengan udara yang sejuk  dan segarnya air sungai amprong yang membuat para pengunjung betah bermain air sambil mendayuh perahu karet di area ini. Dengan menempuh jarak start sampai finish sekitar 2,5km yang berakhir pada kawasan ledok amprong .

Menyenangkan bukan berwisata ke sumber wisata jenon yang tentunya dengan berdekatannya wisata alam lainnya pasti anda akan mencoba salah satu  dari wisata tersebut.

 

Updated: August 18, 2017 — 7:12 am
Robert Lunday Blog © 2016 Frontier Theme